Ihwan Ritonga Minta Dinkes Tidak Lengah Cegah Penularan HIV/ AIDS

dicky 13 February 2022
Ihwan Ritonga Minta Dinkes Tidak Lengah Cegah Penularan HIV/ AIDS

 

agiodeli.com Wakil Ketua DPRD Medan, H Ihwan Ritonga SE meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan agar jangan lengah mencegah penularan penyakit HIV/AIDS. Tidak heran bila, Ihwan Ritonga meminta agar Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/ AIDS terus disosialisasikan.

Diketahui, Perda Nomor 1/2012 terdiri dari XII BAB dan 36 Pasal. Ditetapkan di Medan 5 Januari 2012 oleh Walikota Medan Drs Rahudman Harahap dan diundangkan 5 Januari 2012 oleh Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir Syaiful Bahri.

Hal itu disampaikan Ihwan Ritonga saat menggelar sosialisasi Perda (Sosper) ke II Tahun 2022 Pemko Medan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Jl Alfala Kecamatan Medan Johor dan berlanjut di Jl Menteng Raya, Kecamatan Medan Denai, Sabtu sore-malam (5/2/2022).

Di dua tempat Sosper tersebut masing masing dihadiri instansi terkait, tokoh agama, tokoh pemuda dan ratusan masyarakat.

Pada kesempatan itu Ihwan Ritonga menjelaskan bahwa Perda tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS yang bertujuan guna penurunan kerentanan penularan HIV dan AIDS, pencegahan melalui hubungan seksual.

“Dinkes harus menerapkan Perda dengan baik dan mensosialisasikan di tengah masyarakat  bahkan dilingkungan sekolah dan kampus,” pinta Ihwan Ritonga yang juga Ketua DPC Partai Gerindra itu.

Selain itu, Ihwan juga menganjurkan agar tokoh agama dan masyarakat dilibatkan dalam hal sosialisasi mengajak para generasi muda jangan sampai terlibat pergaulan bebas. “Mari kita tanamkan ajaran agama sejak dini kepada anak anak kita. Dengan sendirinya akan menjauhi kenakalan remaja serta pergaulan bebas,” sebut Ihwan yang dikenal politisi santun ini.

Karena kata Ihwan, melalui pergaulan seks bebas sangat berbahaya dahsyatnya penularan penyakit HIV/AIDS. “Hal itu yang perlu diantisipasi semua pihak terutama Pemerintah,” papar Ihwan. (donny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *