Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat, Kapolda Sebut Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

indra 24 January 2022
Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat, Kapolda Sebut Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba
Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengakui adanya kerangkeng di rumah pribadi Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin. Dia menegaskan Kepolisian masih mendalami persoalan ini. Tampak adanya manusia yang menghuni kerangkeng, sebagaimana laporan Migrant Care ke Komnas HAM. foto: dokumen Migrant Care

agiodeli.com Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengakui adanya kerangkeng di rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Peranginangin.

Menanggapi wartawan di Medan, Senin (24/1/2022), Kapoldasu mengatakan pihaknya menyaksikan kerangkeng tersebut saat turun memback-up Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penggeledahan rumah mewah di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat itu.

“Ada tempat menyerupai kerangkeng, berisi 3-4 orang pada waktu itu. Tapi sebenarnya dari pendataan, bukan 3-4 orang. Kami dalami masalah kenapa ada kerangkeng,” kata Panca.

Hasil pendalaman pihaknya, kata Panca, tempat menyerupai kerangkeng di rumah Bupati Langkat itu merupakan tempat rehabilitasi narkoba. “Yang dibuat oleh bersangkutan secara pribadi dan sudah berlangsung selama 10 tahun. Gunanya untuk merehabilitasi korban narkoba,” ujarnya.

Kerangkeng Tak Berizin

Panca menegaskan, kerangkeng itu tidak ada izinnya. Hanya, ada kerjasama dengan puskesmas setempat untuk pelayanan kesehatan orang yang dalam proses rehabilitasi.

Panca juga menjawab adanya penemuan sejumlah orang di dalam kerangkeng dalam kondisi memar-memar. “Kemarin itu saya tanya anggota di lapangan, kok bisa memar. Itu akibat dari karena biasanya melawan dan dia baru masuk dua hari. Kami akan terus dalami,” jelasnya.

Kerangkeng di rumah Bupati Langkat
Salah satu foto yang menjadi barang bukti pengiring laporan Migrant Care ke Komnas HAM. foto: dokumen Migrant Care

Dari pendalaman sementara pihaknya, lanjut Panca, orang yang membaik dalam proses rehabilitasi akan dipekerjakan membantu keperluan sehari-hari rumah tangga Bupati Langkat. Misalnya, pergi ke pasar dan lainnya. Ada juga yang bekerja di kebun.

Apakah mendapat upah?

“Saya belum dapat (memastikan). Tapi ini kan rehab, siapa yang digaji siapa yang menggaji dalam hal ini gitu ya, tapi yang jelas kita masih dalami semua,” pungkas Perwira Tinggi Bintang Dua ini.

Sekadar mengingatkan, saat ini Terbit Rencana Peranginangin sedang menjalani proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Statusnya tersangka penerima suap penunjukan pelaksana proyek di Kabupaten Langkat.

Terbit Rencana beserta abang kandung dan sejumlah pihak lainnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK, belum lama ini.

Geger publik soal adanya kerangkeng di rumah Bupati Langkat ini berawal dari laporan Migrant Care ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. (indra)

2 tanggapan untuk “Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat, Kapolda Sebut Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *