Oleh-Oleh 3 Ton Jeruk Dibalas Jokowi Kunjungi Karo

indra 04 February 2022
Oleh-Oleh 3 Ton Jeruk Dibalas Jokowi Kunjungi Karo
Jokowi mengunjungi sentra produksi jeruk, Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. foto: WATRA/agiodeli

agiodeli.com Ini tak ubahnya balasan dari Presiden Jokowi. Setelah mendapat oleh-oleh 3 ton jeruk, Presiden Ke-7 RI ini mengunjungi Liang Melas Datas, Tanah Karo, Sumatera Utara.

Presiden beserta rombongan Kementerian PUPR tiba menggunakan tiga helikopter sekira pukul 09.35 WIB, Jumat (4/2/2022). Sebelumnya, warga sudah berduyun-duyun datang ke lokasi untuk dapat melihat langsung sosok RI-1. Sesuai arahan petugas, mereka berbaris di sepanjang jalan menuju jambur (balai desa).

Selain ingin melihat langsung produksi jeruk di Liang Melas Datas, Jokowi juga meninjau hasil pembangunan jalan di kawasan itu. Tak ada sapa warga lantaran keterbatasan waktu, namun tim yang lebih dulu tiba di lokasi berkesempatan membagikan sembako dan kaos bingkisan dari Presiden.

Saat melihat produksi jeruk, Jokowi sempat menelepon Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Presiden mendorong dua hal, yakni pendampingan bagi para petani dan pupuk.

“Saya dari Toba mampir sini untuk melihat jalan. Saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk menaikkan kualitas produksi, yang pertama. Kemudian yang kedua urusan pupuk ini lebih bagus kalau di sini organik,” kata Jokowi kepada Menteri Pertanian, melalui sambungan telepon.

Jeruk Karo Rambah Malaysia & Singapura

Karo merupakan sentra produksi jeruk di Sumatera Utara. Selain untuk pasar dalam negeri, produksi jeruk Karo juga merambah Malaysia dan Singapura.

Jokowi langsung melihat hasil produksi jeruk di Liang Melas Datas, Karo
Presiden Jokowi menilik langsung produksi jeruk di Liang Melas Datas, Karo. Foto: SINDOnews

Presiden memandang pertanian jeruk di Karo memiliki potensi sangat besar. Namun, masih perlu perbaikan-perbaikan di sejumlah hal, mulai dari struktur biaya hingga penamaan.

“Memang perlu perbaikan-perbaikan, pertama untuk memperbaiki struktur biaya, kedua untuk memperbaiki kualitas, kemudian yang ketiga buat kemasan dan branding yang lebih baik. Saya kira kalau tiga itu dikerjakan ini jeruknya akan bagus sekali,” katanya.

Kunjungan Jokowi ke Tanah Karo ini tak ubahnya balasan atas kedatangan enam warga Liang Melas Datas di Istana Merdeka, Senin, 6 Desember 2021 lalu. Selain menyampaikan aspirasi, para perwakilan warga juga membawa satu truk berisi 3 ton jeruk sebagai oleh-oleh bagi Presiden Jokowi. (watra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *