Punya Bisnis Tambang, Cana Masuk 10 Kepala Daerah Terkaya di Indonesia

indra 20 January 2022
Punya Bisnis Tambang, Cana Masuk 10 Kepala Daerah Terkaya di Indonesia
Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin menjadi salah satu tersangka kasus dugaan gratifikasi (fee) proyek di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dia sebelumnya terjaring OTT KPK. foto: VOI.id

agiodeli.com – Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin masuk jajaran 10 kepala daerah terkaya di Indonesia. Dengan total hampir Rp100 miliar, pria dengan sapaan akrab Cana ini menjadi kepala daerah pemilik harta terbanyak di Sumatera Utara.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2018, Terbit Rencana memiliki kekayaan Rp95.153.681.298. Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutnya memperoleh harta sebanyak itu dari bisnis pertambangan.

Perusahaan milik Cana merupakan pertambangan kerikil berpasir atau sirtu di Kabupaten Langkat.

Sebelum Jadi Kepala Daerah, Cana Jabat Ketua DPRD

Sebelum terpilih menjadi Bupati Langkat di tahun 2019, Terbit Rencana menduduki jabatan Ketua DPRD Kabupaten Langkat periode 2014-2018.

Cana merengkuh karir politik bersama Partai Golkar. Hingga saat ini pun, dia masih menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Langkat.

Sebelum memasuki ranah politik, masyarakat luas lebih mengenalnya sebagai pimpinan organisasi kepemudaan maupun kemasyarakatan. Tercatat, dari tahun 1997 hingga sekarang, dia memegang tampuk pimpinan di Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Langkat.

Akankah operasi tangkap tangan (OTT) KPK menghentikan karir politik kepala daerah terkaya ini? Sekarang, politisi yang juga dekat dengan Ngogesa Sitepu ini sedang menjalani proses terkait dugaan gratifikasi (fee) sejumlah proyek di Kabupaten Langkat.

Ngogesa sendiri merupakan pendahulunya, yang menjabat Bupati Langkat dua periode berturut (2009-2014 & 2014-2019). Menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Langkat pun, Cana menggantikan Ngogesa Sitepu.

Jika karir politiknya terhenti, maka tampuk pimpinan di Kabupaten Langkat akan jatuh ke tangan Syah Afandin. Pria dengan sapaan akrab Ondim ini merupakan adik kandung mantan Bupati Langkat dan juga Gubernur Sumut, Syamsul Arifin. (indra)

5 tanggapan untuk “Punya Bisnis Tambang, Cana Masuk 10 Kepala Daerah Terkaya di Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *