Sebelum Operasikan RSUD Medan Labuhan, Bobby Pastikan Ini

indra 04 February 2022
Sebelum Operasikan RSUD Medan Labuhan, Bobby Pastikan Ini
Walikota Medan Bobby Nasution menemukan adanya keretakan pada dinding RSUD Medan Labuhan. Ia ingin memastikan semua fasilitas di rumah sakit itu layak. foto: DISKOMINFO MEDAN

agiodeli.com Walikota Medan Bobby Nasution memastikan fasilitas RSUD Medan Labuhan layak fungsi, sebelum pengoperasiannya. Rabu (2/2/2022), dia meninjau rumah sakit tipe C tersebut.

Secara fisik, proses pembangunan RSUD Medan Labuhan di Jalan KL Yos Sudarso Km 19, Kelurahan Pekan Labuhan, Medan Labuhan, itu sudah selesai sejak 2019. Namun, hingga kini belum beroperasi.

Sesuai perencanaan, rumah sakit ini nantinya akan melayani masyarakat di Kawasan Utara Kota Medan, yakni masyarakat Medan Labuhan, Medan Deli, Medan Marelan dan Medan Belawan.

Dalam kunjungannya, Bobby tampak didampingi Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Asisten dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Satu persatu ruangan dia masuki. Ini untuk memastikan kondisi dan fungsi fasilitas yang ada.

Hasilnya, Bobby menemukan beberapa fasilitas yang belum memadai. Ada ruangan yang gelap karena ketiadaan lampu. Bahkan, ada bagian dinding rumah sakit yang retak.

Saat itu juga, alumnus Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) ini meminta penanggung jawab pembangunan rumah sakit agar segera memperbaiki. “Masih banyak fasilitas rumah sakit yang saya lihat belum memadai, bahkan ada dinding yang retak-retak. Masih banyak yang perlu diperbaiki agar rumah sakit ini dapat segera dioperasikan. Kita harus memberikan kenyamanan kepada pasien yang nantinya akan menjalankan rawat inap di sini,” kata Bobby Nasution.

Bila fasilitas rumah sakit memadai, lanjut Bobby, tentu warga akan merasa aman dan nyaman mendapatkan pelayanan kesehatan, khususnya yang berada di Medan Bagian Utara. “Selain fasilitas rumah sakit, saya juga mengingatkan agar pembuangan limbah medis diperhatikan. Saya minta limbah rumah sakit ini nantinya jauh dari pemukiman warga. Jangan sampai dibuang ke drainase masyarakat!” tegasnya.

Danau Laguna

Selanjutnya, Bobby meninjau Danau Laguna di Jalan Danau Laguna, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Di tempat tersebut, Bobby melihat pengorekan atau pembersihan Danau Laguna dari eceng gondok.

Pengecekan kondisi Danau Laguna di Medan Labuhan
Walikota Medan Bobby Nasution mengecek proses pembersihan Danau Laguna dari hama enceng gondok. foto: DISKOMINFO MEDAN

Selama ini, enceng gondok memenuhi danau buatan tersebut. Sehingga, fungsinya sebagai kawasan resapan air tidak maksimal. Kondisi ini menyebabkan kawasan sekitar rentan banjir.

“Pengerukan ini untuk mengembalikan fungsi Danau Laguna sebagai kawasan resapan air. Di samping itu juga sebagai upaya kami menjadikan danau buatan ini sebagai kawasan wisata air,” ungkap Bobby. (donny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *