Tempat Hiburan Dibakar, Belasan Tewas di Sorong

indra 25 January 2022
Tempat Hiburan Dibakar, Belasan Tewas di Sorong
Suasana pengamanan oleh aparat Kepolisian menyusul bentrokan massa di Kota Sorong, Papua Barat. foto: https://news.okezone.com

agiodeli.com Tempat hiburan dibakar dan belasan orang tewas, menyusul bentrokan di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (24/1/2022) malam.

Bentrok berlangsung tepatnya di Kompleks Jupiter, KM 10. Massa membakar salah satu tempat hiburan serta satu unit mobil. Sebanyak 7 orang tewas di lokasi. Sementara, belasan lainnya yang sempat mendapat perawatan medis akhirnya tak tertolong. Sampai Selasa (25/1/2022), jumlah korban tewas kabarnya sudah mencapai belasan.

Aksi terjadi sekira pukul 22.30 WIT, Senin (24/1/2022). Eskalasi memanas saat massa menutup jalan di sekitar Jupiter KM 10 dengan kayu.

Tak hanya itu, massa juga membakar ban bekas di tengah jalan. Polresta Sorong bersama Brimob Detasemen B Sorong yang dipimpin Kapolresta Sorong, AKBP Ary Nyoto Setiawan bergerak ke lokasi kejadian dan membubarkan massa yang terus melakukan aksi saling serang.

Beberapa kali terdengar tembakan peringatan dari aparat keamanan untuk melerai kedua kubu yang bertikai.

Sekira pukul 01.00 WIT, aparat berhasil menguasai keadaan. Namun, akibat pembakaran tempat hiburan malam, jatuhnya belasan korban jiwa tak bisa terelakkan.

Penyebab Bentrokan

Polisi mengungkap, bentrokan maut itu terjadi antara Kelompok Pemuda Kei dan Pelauw asal Maluku. Perkelahian beberapa pemuda pada Minggu malam mengawali bentrokan itu.

Perkelahian ini sempat didamaikan. Namun, bentrokan kembali pecah dan menewaskan belasan orang. Korban tewas secara umum merupakan warga biasa yang menjadi pengunjung tempat hiburan malam “Double O”.

“Semua berawal dari anak muda semuanya. Anak muda yang ribut terus mengaitkan dengan kelompoknya (Kei dan Pelauw). Itu terjadi di malam minggu,” kata Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes, Adam Erwindi.

Pada peristiwa Senin malam, Kelompok Pemuda Pelauw mengadang, membacoki dan menombak seorang pemuda Kei berinisial KR (20). Penganiayaan tepatnya terjadi di Jalan Sungai Maruni, Kelurahan Sawagumu, Distrik Sorong Utara, ketika KR bermaksud menghadiri rapat di Sekretariat Kei.

“Salah satu masyarakat terlambat datang (rapat) dan tiba-tiba dihadang masyarakat suku Ambon dan memukul KR sehingga terjadi perkelahian,” kata Kombes Adam. (indra/berbagai sumber)

Baca Juga: Geger Kerangkeng, Kader PP Ungkap Framing Pembunuhan Karakter Bupati Langkat

2 tanggapan untuk “Tempat Hiburan Dibakar, Belasan Tewas di Sorong”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *